Systema Musculare dan Systema Skeletal Anjing Greyhound, Hewan Kursorial


Hewan kursorial adalah kondisi biologis suatu organisme (hewan) yang beradaptasi khusus untuk berlari. Hewan ini memiliki sistema muscular dan skeletal yang berbeda dengan hewan secara umum. Sehingga menjadikan mereka dapat berlari dengan jarak jauh dan berkecapatan tinggi. Secara umum sebagian besar hewan kursorial memiliki postur digitigrade lebih, di mana pergelangan tangan dan pergelangan kaki menempel pada tanah dan hewan ini berjalan di digiti nya.
Anjing Greyhound adalah salah satu jenis hewan kursorial yang carnivor. Pada hewan ini untuk menunjang aktivitas sehari-hari sistem ototnya memiliki karakteristik khusus. Untuk meningkatkan kecepatan lari, pada ujung proksimal terjadi peningkatan massa otot. Panjang tendon juga mengalami perubahan. Pada ekstensor pinggul dan rektus femoris secara khusus mampu menghasilkan jumlah tenaga yang besar. Beberapa otot distal muncul terspesialisasi menjadi tempat penyimpan energi elastik (FDS,gastrocnemius). Namun, FDP tampaknya tidak bertindak seperti penyimpan energi elastik pada dahan panggul anjing Greyhound.
Mekanisme penyimpanan energi elastis dan pelepasan di MTUs menyiratkan kesesuaian Greyhound mempertahankan kemampuan untuk bergerak secara efisien pada kecepatan tinggi, sedangkan arsitektur otot proksimal dan kemampuan untuk menimbulkan momen ekstensor substansial mengenai tarsus dan pinggul, memungkinkan output daya yang tinggi dan karenanya percepatan dapat meningkat secara cepat. Maka dari itu Greyhound memiliki spesialisasi substansial untuk kinerja berlari cepat.
Pada system skeletal juga terjadi modifikasi untuk menyesuaikan kondisi. Pada ekstremitas beradaptasi menjadi lebih panjang untuk meningkatkan panjang langkah. Tulang belakang digunakan sebagai pegas untuk menambah daya dorong otot tungkai. Klavikula atau Ungulates mengalami reduksi. Reorientasi scapula sehingga scapula berada rata berlawanan dengan sisi dada dan bergerak pada bidang yang sama sebagai gerakan maju.


daftar pustaka:
> Anonym.2011. How do you increase speed of quadrupedal cursorial locomotion?. http://comenius.susqu.edu
> J, Anat. 2008. Functional anatomy and muscle moment arms of the pelvic limb of an elite sprinting athlete: the racing greyhound (Canis familiaris). http://www.ncbi.nlm.nih.gov
> Rubenson, Jonas, et. al. Adaptations for economical bipedal running: the effect of limb structure on three-dimensional joint mechanics. http://rsif.royalsocietypublishing.org/
Previous
Next Post »
Thanks for your comment