Mengenal Serangga: Aedes Albopictus


Klasifikasi:
Kingdom: Animalia
Phylum: Arthropoda
Class: Insecta
Order: Diptera
Family: Culicidae
Subfamily: Culicinae
Genus: Aedes
Subgenus: Stegomyia
Species: Ae. albopictus

Nyamuk Aedes merupakan sejenis nyamuk yang biasanya ditemui di kawasan tropis. Namanya diperoleh dari perkataan Yunani aēdēs, yang berarti "tidak menyenangkan", karena nyamuk ini menyebarkan beberapa penyakit berbahaya seperti demam berdarah dan demam kuning.
Aedes albopictus merupakan spesies yang sering ditemui di Asia. Nyamuk ini sering di sebut Asian Tiger Mosquito atau forest day mosquito. Kakinya berbelang hitam putih, begitupun dengan badannya, namun belangnya agak kecil.

Pada tahun 1894, seorang entomolog berkebangsaan British-Austtralia, Frederick A. Askew Skuse, pertama kali secara ilmiah mendeskripsikan nyamuk ini, yang pada mulanya dinamai Culex albopictus. Kemudian species inin dimasukkan pada genus Aedes dan menjadi Aedes albopictus. Seperti pada nyamuk demam kuning, aedes albopictus memiliki sub genus Stegomyia.
Aedes albopictus memiliki beberapa karakteristik, pajangnya antara 2 hingga 10 mm dengan pola hitam dan putih. Variasi ukuran nyamuk dewasa bergantung pada kepadatan populasi larva dan suplai makanan. Apabila keadaan sekitar kurang optimal, maka ukuran tubuh nyamuk dewasa biasanya kurang dari 10 mm. untuk contoh, panjang rata-rata abdomen adalah 2,63 mm, sayap 2,7 mm dan mulut penusuk 1,88 mm. nyamuk jantan biasanya 20% lebih kecil dari yang betina, tapi secara morfologi keduanya mirip.
Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment